kawasan industri karawangKarawang adalah salah satu kota yang berada di Jawa Barat, Indonesia. Sebelumnya Karawang merupakan sebuah kabupaten dan kemudian berubah menjadi sebuah kota yang juga berbatasan secara langsung dengan Bogor dan Bekasi, serta tidak terlalu jauh dari Jakarta. Dan juga, Kota Karawang ini pun termasuk ke dalam salah satu kota yang besar dengan memiliki luas kurang lebih 1.737,30 km. Dari dulu hingga saat ini Kabupaten Karawang terkenal sebagai kota industri. Tapi apakah anda tahu, sebenarnya ada berapa jumlah kawasan serta pabrik yang tersebar di daerah industri di kawasan Karawang? Lalu dari data yang dihimpun dari Fakta Jabar menyebutkan jika hingga tahun 2018 ada sekitar 13.756.358 hektar luas dari lahan suatu kawasan yang ada di karawang yang kemudian diplot sebagai sebuah lahan industri. Selain itu, kawasan industri Karawang juga sudah tersebar seperti di Kawasan Industri Kujang, Mandala Putra, Indotaisei, KIIC, Suryacipta, dan juga KIM.

pusat industri karawangLalu ada zona industri Karawang yang dicantumkan sebagai penataan ruang, yaitu dititikberatkan kepada sejumlah kecamatan yang meliputi Kecamatan Telukjambe Timur, Klari, Pangkalan, Cikampek, Purwasari, dan Rengasdengklok. Kemudian apa yang terjadi kepada jumlah perusahaan maupun pabrik di Kabupaten Karawang tersebut? Masih dengan sumber yang sama, yaitu berdasarkan sebuah data yang dihimpun oleh Disnakertrans Karawang, menjelaskan jika hingga tahun 2018, jumlah pabrik yang masih beroperasi di kabupaten Karawang sudah sebanyak 1.762 pabrik yang dimana terdiri dari pabrik swasta, PMDN , PMA, serta Joint venture. Lalu dengan mengawali perkembangan Karawang yang berada di sebuah kawasan yang dulunya berdiri sebagai kabupaten, namun Karawang juga dulu banyak dikenal sebagai kabupaten yang memiliki sebutan lumbung padi sebelum akhirnya kini menjadi sebuah kawasan industri Karawang, kabupaten Karawang ini juga menjadi kawasan pusat penghasil padi yang lokasinya cukup dekat dengan Jakarta.

kawasan industri terbesar karawangHal tersebut sangat sesuai dengan fakta yang ada, dimana kabupaten karawang mayoritasnya adalah suku Sunda yang dimana memang selalu dipenuhi dengan lahan-lahan yang hijau dari padi. Dan dengan begitu, penduduk Karawang pun pada akhirnya didominasi oleh petani. Selain itu ada juga seorang pengusaha, dan penduduk di Karawang pun selalu mempunyai sebuah usaha kecil misalnya saja seperti sebuah sawah yang menjadi lahan padi pribadinya maupun kebun yang memiliki berbagai jenis tanaman seperti sayuran serta buah-buahan. Dan hal-hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat Karawang dulu menjadi kabupaten serta menjadi produsen padi, sayuran, dan juga buah-buahan sekaligus. Tapi, pada saat ini Karawang pun mampu untuk berdiri sebagai salah satu kota besar yang ada di Indonesia yang dimana tempat tersebut didominasi dengan pabrik-pabrik dan telah membuatnya menjadi kawasan industri Karawang.

Kota Karawang sendiri kini telah menjadi sebuah kota industri terbesar di tanah air. Sama dengan julukannya yaitu kota industri Karawang, kota karawang ini menjadi kawasan yang diisi oleh berbagai perusahaan yang dimana perusahaan tersebut berdiri di atas lahan penduduk dengan mayoritas penduduk menggunakan bahasa Sunda. Tidak hanya itu saja, bahkan Karawang juga telah menjadi kota yang bahkan sudah dipercaya oleh sebuah perusahaan asing dimana mereka telah menginvestasikan uang mereka untuk mendirikan sebuah tata usaha untuk bisnisnya. Dan karena hal tersebutlah, maka wajar saja jika Karawang kini dapat mengalahkan Jakarta dari jumlah pendapatan penduduknya, sehingga gaji di Karawang merupakan gaji dengan UMR terbesar di Indonesia.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *