Pulau Morotai adalah nama sebuah pulau yang terdapat di Kepulauan Halmahera. Pulau ini luasnya ialah sebesar 2.330.60km2 serta serta panjang garis pantainya sebesar 311.217km. Dan juga, Pulau Morotai ini memiliki 33 pulau kecil yang dimana pulau-pulau tersebut mengelilinginya. Terdapat 26 pulau tidak berpenghuni di tempat ini, dan sisanya yang juga merupakan pulau yang berpenghuni berjumlah 7 pulau, yakni pulau Morotai (pulau utama), pulau Ngele-ngele kecil, pulau Ngele-ngele besar, pulau Kolorai, pulau Rao, pulau Golo-golo, dan yang terakhir ialah pulau Saminyamau. Pulau Morotai yang satu ini juga memiliki sejarah yang bisa dibilang cukup unik. Nama Morotai ini sebenarnya merupakan pemberian dari Kerajaan Moro. Hal tersebut dikarenakan Kerjaan Morotai ini adalah daerah yang dulunya merupakan jajahan Kerajaan Moro sekitar Abad 15-17 M. Dan sekarang ini dikembangkan oleh Jababeka.

Dan Kerajaan Moro sendiri menamakan jika jajahan mereka ada dua yaitu, Morotia yang artinya Moro daratan, serta Morotai yang artinya Moro lautan. Lalu di tahun 1942, Morotai pun menjadi lapangan terbang Jepang pada masa Perang Dunia II. Lalu akhirnya diambil alih oleh Amerika Serikat saat pertempuran hebat di tahun 1944 sehingga, klimaksnya, sekutu pun akhirnya meluncurkan bom atom ke Hiroshima dan juga ke Nagasaki. Pada saat itu, pertempuran terjadi dengan sangat sengit karena posisi dari pulau Morotai ini yang sangat strategis di dalam peperangan antar Sekutu serta lawan Jepang. Lalu, di tahun 2018 pulau Morotai pun menjadi kabupaten. Dan dengan daya tarik serta keunikan pulau-pulau yang ada di Pulau Morotai, lalu keanekaragaman biota lautnya, serta pesona sejarah yang kuat, akhirnya pulau Morotai pun menjelma menjadi pulau wisata laut yang terindah.

Salah satu pulau yang juga merupakan destinasi wisata yang terdapat di Pulau Morotai ialah Pulau Dodola. Pulau Dodola ini terdiri dari pulau Dodola kecil dan juga Pulau Besar. Dan yang membuat pulau yang satu ini menjadi ikonik ialah ketika air pantai sedang surut. Maka kamu akan melihat pasir putih yang terbentang luas sepanjang 500 meter yang dimana pasir tersebut juga menyambungkan antara pulau Dodola besar dengan pulau Dodola Kecil. Kamu pun bisa melintasi pasir tersebut dan pastinya akan menjadi pengalaman yang sangat menakjubkan. Lalu di samping kanan dan kirinya, kamu akan melihat hamparan air yang begitu jernih hingga kamu bisa melihat terumbu karang dengan jelas dengan mata telanjang. Tertarik untuk berenang di pulau ini? Kamu bisa melakukannya. Karen bagian pinggir pantai yang satu ini juga cukup dangkal. Sehingga kegiatan snorkeling maupun menyelam direkomendasikan saat berwisata ke tempat ini.

Hal tersebut karena terumbu karang serta warna-warni ikan di dalamnya yang begitumempesona. Pulau Morotai ini memang sudah sangat dikenal akan wisata lautnya. Dani pulau ini terdapat sekitar 28 titik diving yang mempunyai keindahan serta keunikannya masing-masing. Dan salah satunya adalah di Pulau Mitita yang jika kamu melakukan aktifitas diving di sana kamu dapat berenang bersama dengan hiu di waktu tertentu. Namun, kamu tidak perlu takut, karena hiu di sana telah terbiasa berenang dengan penyelam sehingga kamu akan tetap aman. Jika kamu pergi kesini tanpa mencoba wisata lautnya, maka akan sangat disayangkan. Itulah mengapa Pulau Morotai sangat terkenal sebagai tempat menyelam terbaik yang ada di Indonesia.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *